Senin, 07 Agustus 2017

5 Cara Mengatasi Rasa Bosan Dalam Keseharian

bosan di kost

Terkadang kita selalu merasa bosan melakukan kesibukan harian yang itu-itu saja. Merasa jemu dan merasa kalau hidup kita ‘begitu hampa’ sehari-harinya melakukan beberapa kesibukan yang sama. Terkadang kita juga merasa kalau hidup kita demikian ‘datar’ dengan beberapa kesibukan yg tidak beralih, beberapa hal yang sama selalu kita kerjakan, dan tidak juga temukan suatu hal yang bisa menangani kebosanan itu. Nah, untuk menangani rasa jemu dalam sehari-harinya kita, ada 5 tips yang mungkin dapat menolong alasan hidup ini membosankan. Inilah :

1. Kerjakan Hal Baru 

Hal utama yang buat kita selalu merasa jemu yaitu sehari-harinya kita yang berisi beberapa hal yang sama sehari-harinya. Keseharian beraktivitas yang itu-itu saja buat kita selalu merasa jemu. Karenanya, cobalah kerjakan hal baru. Hal baru yang ditujukan di sini yaitu hal yang sebelumnya tidak umum Kamu kerjakan. Misalnya, sehari-harinya Kamu yang seringkali berisi aktivitas sekolah/kuliah dengan kesibukan harian yang lain yang telah jadi ‘jadwal’ tetaplah sehari-harinya Kamu, berikan hal baru kedalam jadwal harian Kamu yang suka Kamu kerjakan. Misalnya seperti memberikan jadwal sekedar untuk ber-olahraga enteng seperti jogging maupun senam setiap pagi sebelumnya Kamu mulai kesibukan maupun setiap sore setelah Kamu pulang dari sekolah maupun universitas. Dasarnya, kerjakan hal baru yang Kamu sukai dan dapat Kamu kerjakan dalam sehari-harinya Kamu untuk menangani rasa jemu dalam sehari-harinya Kamu.

2. Kembangkan Bakat Yang Ada 

Umumnya kita mungkin tidak paham benar apa-apa saja bakat yang sesungguhnya sudah tumbuh dalam diri kita. Misalnya bakat dalam ber-olahraga, bakat dalam bermusik, menulis, melukis, dsb. Mungkin dari semua yang sudah dijelaskan barusan, Kamu tentu menyukai dan dapat melakukan salah satu atau beberapa dari beberapa hal itu. Bila Kamu sukai dan dapat bermain gitar, kembangkan-lah bakat Kamu dalam bermain gitar atau barangkali dalam soal bermusik yang lain. Misalnya Kamu sukai dan dapat bermain sepakbola, menulis di situs (blog), melukis panorama, buat robot, dsb maka kembangkan-lah beberapa hal itu karena mungkin disitu-lah bakat Kamu. Jadi, kembangkan bakat yang ada pada diri Kamu hingga Kamu jadi punya kebiasaan dan mungkin pakar dalam setiap bakat yang Kamu miliki. Kembangkan bakat yang ada pada diri Kamu dapat menangani rasa jemu yang Kamu alami dalam sehari-harinya.

3. Mencari Suasana Baru 

Suasana yang beberapa demikian saja adalah salah satu penyebabnya utama munculnya rasa jemu. Mencari suasana baru misalnya pergi ke beberapa tempat yang sebelumnya jarang atau tidak sempat Kamu kunjungi sebelumnya. Suasana baru sangat dapat diinginkan dan jadi salah satu cara untuk menangani rasa jemu. Suasana baru dapat beri kesegaran fikiran, memberi ketenangan dan kenyamanan, dan segalanya beda yang buat sehari-harinya kita lebih beragam daripada beraktivitas yang sama sehari-harinya. Mencari suasana baru adalah cara beda dalam menangani rasa jemu yang ada.

4. Janganlah Tinggalkan Hoby 

Kita semua tentu memiliki hoby. Apa pun hoby yang kita miliki tentu adalah hal yang kita gemari. Agar Kamu tidak rasakan kebosanan dalam beberapa kesibukan harian Kamu, jangan sampai tinggalkan hoby Kamu. Hoby yang kita miliki yaitu ‘sarana’ untuk memperoleh kesenangan dan tentu enjoy dengan hoby yang kita miliki. Apabila Kamu hoby dengan bermain musik, maka bermain musik-lah apa pun type musik dan alat musik yang Kamu gemari. Apabila Kamu hoby ber-olahraga, kerjakan-lah berolahraga apa pun yang Kamu gemari dan janganlah tinggalkan hoby yang Kamu miliki asal janganlah hoby dalam soal yang negatif dan tidak mematuhi ketentuan. Cara beda dalam menangani rasa jemu dapat Kamu kerjakan dengan sebagian hoby yang Kamu miliki dan janganlah tinggalkan sebagian hoby Kamu itu.

5. Sayangi Kesibukan Yang Dilakukan 

Terkadang kita merasa jemu melakukan kesibukan karena kita tidak menyukai kesibukan yang dilakukan. Terkadang kita beraktivitas karena ada kata ‘terpaksa’ dalam pengerjaannya. Kesibukan dapat terasa mengasyikkan apabila kita menyukai apa yang kita kerjakan. Maka, sayangi kesibukan yang dilakukan. Menyukai kesibukan yang dilakukan bermakna kita suka dan nyaman dalam melakukan setiap kesibukan dalam sehari-harinya kita. Kata ‘bosan’ itu pun dapat diatasi bahkan juga dilenyapkan apabila kita dapat menyukai kesibukan yang kita kerjakan. Suka dengan kesibukan yang dilakukan, nyaman dengan kesibukan itu, dan bangga dengan kesibukan yang dilakukan bermakna kita akan tidak jemu dengan kesibukan sehari-harinya kita. Dengan menyukai kesibukan yang dilakukan bermakna kita dapat menangani rasa jemu.

Tersebut 5 tips dalam menangani rasa jemu. Mungkin apa yang saya catat dapat Kamu kerjakan lewat cara yang lebih simpel dan mungkin lewat cara yang Kamu gemari. Mudah-mudahan 5 tips menangani rasa jemu yang saya catat dapat betul-betul menangani rasa jemu yang Kamu rasakan. Jangan pernah terdengar kalimat ‘hidupku terasa demikian membosankan’ karena tidak dapat juga menangani rasa jemu. Selamat coba dan mudah-mudahan dapat menolong.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.