Rabu, 09 Agustus 2017

Tips Membuat Power Bank Dengan Baterai Bekas Laptop


Handphone saat ini dengan feature yang sangat mutakhir dan penampilan layar yang lebar pasti mengkonsumsi baterai yang di perlukan sangat besar, hingga ke mana mana harus selalu membawa baterai cadangan untuk mencarger handphone nya atau yang sangat populair dengan nama power bank karenanya kami pada saat ini akan membagikan artikel hasil pengalaman kami yakni mengenai cara membuat power bank kapasitas besar yang akan kami bahas dengan detil tetapi sangat simpel hingga sangat mudah untuk di praktikkan.

Power bank yang berada di market harga nya sekitar 200rb (yang murah), sedang power bank yang akan kami bahas disini akan sangat menghemat pengeluaran kita karena bahan intinya memakai baterai sisa laptop yang telah tidak terpakai sekali lagi, di lebih carger ponsel yang umum di gunakan pada korek api pada dashboard mobil.

Pertama kalinya kita rakit dahulu baterai laptop sisa yang telah kita sediakan langkahnya kita pisahkan pada baterai yang masih tetap bagus dan yang telah short atau drop karena biasanya baterai laptop yang rusak di sebabkan karena salah satu baterai ada yang rusak atau rangkaian regulatornya yang rusak.

Untuk cara membuat powerbank dari charger hp kita dapat saksikan dari fisiknya biasanya baterai yang rusak ada cairan yang bocor atau ada yang karatan, setelah itu kita ukur dengan multi tester satu baterai teganganya yaitu 3,7 hingga untuk memperoleh tegangan sekitar 12 volt dc kita rangkai 3 baterai dengan serie, atau 4 baterai 2 serie lalu 2 rangkaian serie kita sambungkan paralel hingga kita peroleh tegangan 7,4 volt dc dengan kemampuan yang semakin besar yakni 2x yang tetera pada baterai itu.

Setelah kita peroleh rangkaian baterai 11,1 volt atau 7,4 volt kita rakit lewat cara menghubungkan dengan carger ponsel yang sudah kita sediakan baterai dengan kutup positip kita hubungkan ke ujung carger seperti contoh pada gambar berikut ini, dan kutup negatip kita hubungkan ke bodi carger.

Untuk on off carger ini dapat kita berikan saklar on off, setelah kita rangkai carger ini maka tanda led akan menyala dan segera dapat kita pakai untuk mencarger HP dan kita dapat pilih 1 amper atau 2 amper, tetapi ada pula yang hanya memiliki 1 port usb saja yakni 1 amper dan biasanya yang hanya memiliki 1 port usb harga nya lebih murah hanya rp11. 000, - sedang untuk carger dengan 2 port usb dengan pilihan 1 amper dan 2 amper harga nya 2 x nya yakni rp25. 000, -.

Carger ini dapat pula kita gunakan pada baterai sepeda motor tinggal segera kita hubungkan le baterai sepeda motor maka kita telah memiliki power bank dengan kemampuan yang sangat besar.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.